Mobil memiliki banyak sekali komponen yang mengatur kinerja mobil. Bagian-bagian mobil tersebut saling bekerja sesuai fungsinya sehingga mobil bisa bergerak dengan dengan baik, aman dan nyaman.
Perkenalkan saya Septa, Automotive Trainer sejak tahun 2006 yang akan buka-bukaan tentang bagian-bagian mobil ini.
Berikut ini adalah bagian-bagian mobil dan fungsinya yang penting untuk diketahui.
Bagian-bagian mobil menurut pabrikan
Kebanyakan pabrikan, mereka membagi bagian-bagian mobil menjadi beberapa kelompok komponen. Berikut ini adalah pembagiannya
A. Mesin
Mesin adalah bagian mobil yang fungsinya merubah sumber tenaga menjadi tenaga mekanis. Sumber tenaga yang bisa digunakan adalah sumber tenaga panas, listrik, air, angin dan tenaga atom.
Pada mobil sumber tenaga yang umum adalah sumber tenaga panas yang didapat dari pembakaran. Jika kita lihat disekitar kita, mesin pembakaran yang digunakan adalah mesin bensin dan mesin diesel.
B. Sistem pemindah tenaga
Sistem pemindah tenaga (drive train) terdiri atas sejumlah mekanisme komponen. Mekanisme ini akan memindahkan tenaga yang dihasilkan oleh mesin untuk menggerakkan roda-roda pada kendaraan.
C. Chassis
Sistem chasis ini terdiri atas suspensi yang menopang axle, kemudi yang mengatur arah kendaraan, roda, ban dan juga rem untuk menghentikan jalannya kendaraan.
D. Elektrik/ Elektronik
Elektrik dan elektronik ini merupakan bagian mobil yang kita kenal dengan istilah kelistrikan bodi. Komponen-komponen kelistrikan bodi adalah komponen kelistrikan yang melengkapi bodi kendaraan.
Didalamnya termasuk sistem penerangan, meter kombinasi (instrument cluster), wiper dan washer dan juga komponen lainnya yang menjamin keamanan dan menambah kenyamanan berkendara.
F. Body
Bodi mobil adalah bagian kendaraan yang membawa orang atau barang. Terdapat banyak jenis-jenis bodi mobil yang berbeda-beda mulai dari SUV, MPV, Sedan, Jeep, Hatchback, dll.
Disini saya tidak akan membahas bagian-bagian mobil dari pengelompokan tersebut seperti halnya situs montirpintar. Tetapi pembahasan disini akan saya bagi berdasarkan letak komponen yaitu dari bagian dalam kap mobil, interior, eksterior, dan juga dari kolong mobil.
Silahkan simak.
Bagian-bagian di dalam kap mobil
1. Aki
Aki atau baterai adalah sumber kelistrikan mobil. Mesin mobil tidak bisa hidup tanpa arus listrik.
Fungsi aki adalah menyimpan arus listrik yang akan dikeluarkan ketika dibutuhkan oleh kelistrikan mobil. Mulai dari ketika kita masuk mobil, kita akan menekan remote mobil.
Kemudian ketika kita memutar kunci kontak on, pompa bensin dari sistem bahan bakar dan sistem pengapian akan diaktifkan. Sampai ketika kita starter mobil, arus dari aki akan terus digunakan. Bahkan ketika hidup, arus aki juga sesekali diambil untuk suplai kelistrikan.
2. Mesin
Seperti yang sudah dijelaskan diatas, mesin adalah penghasil tenaga dari mobil. Dan yang paling banyak kita jumpai adalah mesin bensin dan juga mesin diesel.
Di dalam mesin terdapat ratusan komponen yang bekerja bersamaan agar mesin bisa hidup dengan baik. Beberapa komponen tersebut diantaranya adalah piston, blok silinder, kepala silinder, katup, poros engkol, poros nok, dll.
3. Starter
Starter berfungsi untuk memutarkan mesin pada saat awal mobil dihidupkan. Dengan sistem starter, kita jadi lebih mudah menghidupkan mobil. Cukup dengan menekan tombol start saja, tanpa harus memutarkan engkol atau mendorong mobil untuk menghidupkannya.
4. Alternator
Alternator sebenarnya adalah salah satu dari komponen sistem pengisian. Fungsi alternator adalah menghasilkan arus listrik untuk mengisi aki atau baterai pada mobil. Alternator ini akan diputarkan mesin pada saat mesin hidup melalui v-belt. Dan alternator akan menghasilkan tegangan sekitar 13,5-14,5 volt untuk mengisi aki.
Untuk tahu apakah tegangan cukup atau tidak, kita bisa melihat dari indikator aki yang ada pada instrumen cluster. Jika kunci kontak on maka gambar aki harus menyala dan jika mobil dihidupkan maka lampu gambar aki harus mati.
5. Pengapian
Sistem pengapian adalah bagian dari sistem kelistrikan mobil. Komponen dari pengapian yang paling disebut adalah koil pengapian dan busi.
Sistem pengapian ini berfungsi untuk membakar campuran bahan bakar dan udara didalam mesin. Dan pada proses inilah tenaga dihasilkan untuk menggerakkan kendaraan.
Pada mesin diesel, anda tidak akan menjumpai sistem pengapian. Jadi tidak ada busi ataupun koil yang harus diganti. Untuk proses pembakarannya, mesin diesel mengandalkan panas dari tekanan kompresi yang sangat tinggi.
6. Sistem bahan bakar
Fungsi dari sitem bahan bakar adalah untuk menyalurkan bahan bakar dari tangki menuju kedalam mesin. Tidak hanya sekedar menyalurkan, sistem ini harus menghasilkan tekanan tertentu. Besarnya tekanan tergantung pada tipe sistem bahan bakar yang digunakan.
Komponen yang umum pada sistem ini adalah pompa bensin (fuel pump) dan juga filter. Tetapi bukan hanya itu saja, masih ada karburator pada bensin konvensional atau injektor pada sistem injeksi.
Untuk mesin diesel juga terdapat nozzle dan juga pompa bahan bakar tekanan tinggi.
7. Radiator sistem pendingin
Radiator ini sebenarnya adalah salah satu komponen sistem pendingin mesin. Dan memang letaknya berada didepan sehingga cukup mencolok. Radiator ini dipasang di depan mobil agar dapat didinginkan oleh udara ketika mobil berjalan.
Fungsi dari sistem pendingin adalah untuk menjaga temperatur kerja mesin. Dan dalam hal ini radiator juga sangat berperan untuk mendinginkan air dari mesin sebelum masuk kembali.
8. Sistem pelumas
Komponen dari sistem pelumas yang sering disebut adlah filter oli dan juga oli mesin. Karena memang dua hal ini yang rutin kita ganti. Untuk jadwal penggantian semua tergantung dari pabrikan mobil atau bengkel langganan anda.
Fungsi dari sistem pelumas ini adalah untuk menyalurkan pelumas keseluruh bagian mesin yang bergesekan. Tanpa pelumasan yang baik, mesin akan macet (ngejim) karena pemuaian komponen.
9. Intake
Intake atau saluran masuk ini berfungsi sebagai jalur masuk untuk udara ke dalam mesin. Pemasukan dimulai dari filter udara, kemudian throttle valve dan menuju intake manifold.
Pada beberapa tipe mobil saluran intake ini dilengkapi juga dengan turbocharger atau mungkin supercharger. Bahkan ada juga mobil yang menggunakan keduannya
10. Exhaust
Exhaust ini adalah saluran pembuangan sisa gas buang hasil pembakaran. Untuk mobil-mobil baru, umumnya dalam komponen ini terpasang oksigen sensor dan juga terpasang katalitik converter.
11. Sensor, ECU dan Aktuator
Pada mobil modern, sistem bahan bakar dan pengapian dikontrol oleh sistem elektronik. Pada sistem ini terdapat beberapa sensor dan aktuator yang dikontrol oleh Engine Control Unit.
Fungsi sensor adalah untuk memberi informasi tentang kondisi mesin kepada Engine Control Unit (ECU), sedangkan aktuator akan melaksanakan perintah dari ECU.
Bagian-bagian Dalam Mobil (Interior)
12. Instrument Cluster
Instrument cluster (panel instrumen) ini berisi indikator dan lampu-lampu peringatan. Kelengkapan lampu peringatan yang disediakan tergantung pada sistem-sistem yang ada pada mobil. Misalnya lampu cek engine, ABS, dll.
Apa yang ditampilkan pada panel instrumen ini mewakili apa yang ada pada mobil. Seperti isi tangki bahan bakar, putaran mesin, kecepatan kendaraan, dll.
13. Dashboard
Dashboad mobil adalah bagian dari interior mobil yang ada didepan. Pada dashboard terpasang instrument cluster atau panel instrumen, head unit, switch AC dan juga laci mobil.
Desain dari dashboard pada setiap mobil tentunya berbeda-beda. Bahan yang digunakan juga pastinya berbeda.
14. Steering wheel
Steering wheel atau roda kemudi merupakan bagian dari sistem kemudi. Fungsi roda kemudi ini adalah untuk mengendalikan kendaraan, baik itu untuk lurus maupun belok. Besar kecilnya roda kemudi tergantung dari seberapa besar kendaraan.
Ditengah roda kemudi terdapat switch klakson dan terkadang terdapat airbang dan switch pengatur audio. Dibawah roda kemudi adalah steering column yang biasanya bisa distel ketinggian dan posisinya.
15. Tuas transmisi
Tuas transmisi ini berfungsi untuk memindahkan gigi atau tingkat percepatan. Ada yang berupa tuas, tetapi ada juga yang berupa switch.
Letak tuas ini umumnya di tengah-tengah antara pengemudi dan juga penumpang depan. Tetapi ada juga yang meletakkannya di kolom kemudi.
16. Head unit
Head unit ini adalah istilah untuk layar audio dan vidio kita. Fungsinya adalah untuk mengatur infotainment yang ada pada kendaraan. Misalnya kita ingin menikmati musik, radio ataupun video.
17. Switch Multi fungsi
Switch multi fungsi ini umumnya dipasang pada kolom kemudi yang ada di bawah roda kemudi. Fungsinya untuk menyalakan lampu, wiper, lampu sign ataupun untuk beberapa fitur yang lain.
18. Air Conditioner
Air conditioner berfungsi untuk mengatur suhu di dalam kabin. Pada sebagian mobil bisa diatur apakah ingin panas ataupun dingin. Bahkan ada yang secara otomatis bekerja bergantian.
Fitur yang diaplikasikan sekarang adalah model dual zone, three zone dan bahkan four zone. Dengan fitur ini kita bisa mengatur perbedaan temperatur angin yang keluar dari panel AC.
19. Audio
Audio mobil diperlukan untuk hiburan ketika berkendara. Radio atau musik yang kita dengarkan akan sangat enak didengar dengan audio yang baik.
Banyak juga pemilik kendaraan yang kurang puas dengan audio bawaan pabrik sehingga dirubah dan dimodifikasi. Tentunya juga harus siap dengan konsekuensinya.
20. Power window & Door Lock
Pada bagian pintu, terdapat teknologi power window yang memudahkan ketika hendak membuka dan menutup jendela kaca. Dan juga terdapat doorlock yang membantu mengunci pintu. Baik dari masing-masing pintu ataupun dari central (pengemudi).
21. Plafon dan Bekleding
Plafon adalah pelapis untuk atap mobil sedangkan bekleding adalah pelapis untuk pintu. Keduanya tidak boleh luput dari perhatian kita agar terawat, bersih dan juga awet
22. Jok dan karpet
Jok adalah tempat duduk penumpang. Kemewahan jok tergantung dari tipe dan kelas kendaraan. Pada beberapa mobil didalam jok terdapat airbag bahkan juga ada yang dilengkapi dengan orthopedi (pijat).
Pada bagian lantai mobil dilengkapi dengan karpet. Salah satu yang menjadi pembeda antara mobil eropa dan mobil jepang adalah ketebalan karpet. Mobil Eropa memiliki karpet yang tebal dan tentu saja memiliki peredaman yang sangat bagus.
Bagian-bagian mobil dilihat dari luar (eksterior)
23. Head Lamp
Headlamp atau lampu besar berfungsi untuk menerangi jalan pada bagian depan kendaraan. Umumnya dilengkapi lampu jauh dan lampu dekat (high beam dan low beam). Lampu jauh juga bisa dioperasikan sewaktu-waktu melalu dimmer switch.
Teknologi headlamp juga selalu dikembangkan. Tentunya agar keamanan berkendara lebih terjamin.
24. Bumper
Fungsi dari bumper adalah untuk menyerap benturan saat terjadi tabrakan kecil. Bumper ini merupakan bagian bodi mobil yang dipasang di depan dan dibelakang mobil.
Tetapi perlu diingat juga bahwa bumper dirancang agar tidak melukai penyebrang jalan. Itu sebabnya ada istilah teknologi pendestrian system.
25. Sensor parkir
Sensor parkir ini terpasang pada bumper mobil. Fungsi dari sensor ini adalah untuk memberitahu jarak mobil terhadap benda asing yang ada di depan atau belakang kendaraan.
26. Bodi
Bodi mobil adalah bagian kendaraan yang membawa orang atau barang. Terdapat banyak jenis-jenis bodi mobil yang berbeda-beda mulai dari SUV, MPV, Sedan, Jeep, dll.
27. Wiper & Wahser
Fungsi wiper adalah untuk menjamin pandangan pengemudi agar tidak terhalang. Wiper dirancang agar dapat menyapu air hujan, salju, lumpur, oli, gemuk dan binatang-binatang kecil pada kaca.
Wiper biasanya dikombinasikan dengan washer untuk menyemprotkan air bersih ke arah kaca.
28. Ban dan Velg
Ban adalah bagian mobil yang bersentuhan langsung dengan permukaan jalan. Tenaga mesin ditransfer ke jalan melalui ban ini. Ban juga menopang seluruh berat mobil dan juga menyerap kejutan dari permukaan jalan.
29. Stop lamp
Sebenarnya di lampu belakang tidak hanya terdapat stoplamp (lampu rem). Tetapi pada lampu belakang juga terdapat lampu kecil yang selalu menyala bersamaan dengan lampu kecil depan dan juga beberapa lampu lain.
Khusus untuk lampu rem, fungsinya adalah untuk memberi isyarat pada kendaraan dibelakang bahwa mobil sedang mengerem.
30. Spion
Spion berfungsi untuk membantu kita melihat kendaraan yang ada dibelakang kita, baik disini kanan, kiri maupun tengah.
31. Lampu tanda belok (sign)
Lampu sign atau lampu tanda belok dipasang pada ujung pinggir depan dan belakang. Fungsinya adalah untuk memberikan isyarat pada kendaraan yang di depan maupun belakang bahwa mobil hendak berbelok atau pindah jalur
Bagian-bagian mobil dilihat dari kolong mobil
32. Kopling
Kopling ini sebenarnya tertutup oleh rumah transmisi. Fungsi dari kopling adalah menghubung dan memutuskan tenaga mesin secara lembut.
Komponen ini akan anda temukan pada mobil dengan transmisi manual. Ciri-ciri mobil dengan transmisi manual adalah memiliki 3 pedal yang harus dioperasikan oleh pengemudi.
33. Transmisi
Fungsi transmisi adalah untuk menyediakan tingkat percepatan dan menyediakan momen besar saat berjalan di tanjakan. Transmisi juga memungkinkan mobil berjalan mundur.
Ada beberapa tipe transmisi yang mungkin terpasang pada mobil. Yang pertama adalah transmisi manual, transmisi otomatis hidraulik, semi otomatis dan cvt. Hanya saja secara fisik yang bisa kita bedakan hanya Manual dan Matic saja.
34. Poros propeller
Poros propeller ini hanya bisa dijumpai pada mobil dengan mesin depan penggerak belakang atau pada mobil penggerak empat roda.
Fungsi poros ini adalah untuk menghubungkan putaran transmisi ke gardan
35. Gardan
Gardan atau diferensial adalah komponen mobil yang meneruskan tenaga dari transmisi ke as roda. Dengan adanya gardan, putaran roda kanan dan kiri bisa dibedakan ketika belok.
36. As Roda
As roda meneruskan putaran mesin dari gardan ke roda-roda. Untuk roda depan, as roda harus bisa meneruskan putaran sambil dibelokkan. Hal ini yang membedakan konstruksi as roda depan dan belakang.
37. Suspensi
Sebagian komponen suspensi dapat kita lihat dari bawah, dan sebagian bisa kita lihat dengan membelokkan roda depan. Fungsi suspensi adalah untuk meningkatkan kenyamanan dalam berkendara. Kejutan dari jalan akan diserap oleh pegas dan shock absorber dan juga komponen-komponen yang lainnya
38. Rem
Rem berfungsi untuk memperlambat kendaraan dan memungkinkan kendaraan berhenti. Dalam sistem rem terdapat beberapa komponen seperti kampas rem yang akan bergesekan dengan piringan atau tromol. Kampas ini akan aus dan perlu penggantian ketika aus.
Bagian lain dari sistem rem adalah saluran hidrolik yang didalamnya terdapat minyak rem yang perlu diganti secara berkala agar titik didihnya terjaga
Dalam sistem rem juga terdapat rem parkir. Rem parkir berfungsi untuk memungkinkan mobil berhenti pada jalan yang miring dan pengaman ketika parkir agar mobil tidak berjalan sendiri.
Fitur keselamatan dan kenyamanan pada mobil
39. Airbag
Airbag adalah fitur keamanan yang dapat melindungi pengemudi dan penumpang ketika terjadi kecelakaan. Fitur airbag akan aktif ketika terjadi benturan cukup keras pada mobil pada sudut tertentu. Airbag ini akan mengembang seperti balon dengan sangat cepat untuk melindungi kepala, leher dan dada
40. Blind Spot Monitor
Fitur ini mulai banyak dipasangkan pada mobil. Fungsi fitur ini adalah memberi peringatan pengemudi bahwa ada benda atau kendaraan pada titik yang tidak bisa kita lihat. Caranya lampu yang terletak pada spion mobil akan berkedip ketika ada kendaraan yang dideteksi.
41. Tire Pressure Monitoring
Tire pressure monitoring atau TPMS ini berfungsi untuk memberi informasi tekanan pada masing-masing ban. Jika tekanan kurang, maka lampu indikator TPMS akan menyala.
Hal ini tentunya bisa menjadi peringatan dini jika ban kempes. Karena berkendara dengan kondisi tekanan ban kurang cukup berbahaya.
42. Seat Belt
Seat belt atau sabuk pengaman terletak pada masing-masing jok mobil. Fungsi seat belt sebagai pengaman ketika terjadi kecelakaan seperti halnya airbag. Seat belt akan mencegah pengemudi maju dan terbentur ketika terjadi kecelakaan.
Yang banyak orang tidak tahu adalah fitur sabuk pengaman juga diatur oleh control unit airbag agar menarik pengendara kebelakang.
43. Child Lock
Fitur ini sangat bermanfaat bagi pengendara yang memiliki anak kecil yang aktif. Jika mengaktifkan fitur ini maka pintu tidak bisa dibuka dari dalam dan hanya bisa dibuka dari luar.
44. ABS
ABS adalah singkatan dari Anti-lock Braking System. Sistem ABS ini merupakan sistem keamanan aktif yang mengurangi potensi terjadinya kecelakaan karena rem yang mengunci ketika rem mendadak. ABS terus dikembangkan dengan istilah-istilah berbeda seperti ESP,VSC, ASC, dll
45. Auto Hill
Auto Hill adalah nama fitur keamanan mobil anti merosot ketika kita berhenti di jalan yang miring. Sistem ini dikembangkan dari fitur ABS sehingga ketika diaktifkan, rem akan dioperasikan secara otomatis sesaat setelah kita memindahkan kaki dari rem ke pedal gas.
Itu tadi 45 bagian-bagian mobil yang penting diketahui baik untuk pengemudi, pemilik maupun mekanik mobil. Semua yang saya tuliskan disini tentunya belum mewakili semua bagian-bagian mobil. Hanya saja semoga sudah cukup membantu.