Jangan Abaikan Fungsi Fuse pada Sistem Rangkaian Kelistrikan Mobil

Sepertinya cukup banyak orang meremehkan fungsi fuse pada sistem rangkaian kelistrikan mobil!

Apa buktinya?

Saya masih sering ketemu fuse atau sekring pada mobil yang diganti dengan besar amper yang berbeda atau malah dililit kawat.

Dan kalau ditanya alasannya adalah

“Putus terus sih !”

Untung di bengkel tempat kami tidak begitu. Karena kami paham rangkaian kelistrikan mobil-mobil eropa sangatlah mahal. Dari pada mengorbankan mereka, lebih baik puyeng mencari penyebab sekring putus.

Apa fungsi fuse atau sekring mobil pada rangkaian?

fungsi fuse pada sistem rangkaian kelistrikan

Fungsi fuse pada sistem rangkaian kelistrikan adalah untuk pengaman dari kelebihan arus. Jadi ketika ada kelebihan arus atau korslet maka fuse akan putus.

Pilih mana?

Sekring yang putus atau kabel dan modulnya yang terbakar?

Pastinya lebih memilih fuse atau sekring yang putus.

Karena harga fuse juga pasti murah. Dan jauh lebih murah dari lampu, klakson bahkan control unit pada mobil. Dan lagi bongkar pasangnya enak.

Apa ada fungsi lain?

Tidak,

Tetapi perlu diketahui bahwa sekring ada banyak tipenya, dan juga sekring sekarang dibuat berwarna-warni.

Jadi seharusnya hal ini juga perlu kita perhatikan.

Tipe-tipe fuse pada mobil

Pada mobil akan kita temui tipe-tipe fuse yang berbeda-beda, hanya saja yang paling banyak ditemui adalah tipe blade

Fuse tipe blade

Tipe blade ini bentuknya kotak dan berwarna-warni seperti yang terlihat diatas

Ada yang kecil, sedang, besar dan maxi. Setiap warna fuse melambangkan besarnya arus yang bisa melewatinya. Untuk bisa tahu besarannya bisa lihat tabel.

Tetapi walaupun tidak hafal warnanya, kita masih bisa melihat angka yang tertera.

Yang repot jika keluar dalam ujian. Saya pernah gagal dalam soal warna-warna sekring saat uji kompetensi 15 tahun yang lalu. Untuk cuma satu soal tentang warna sekring.

Meskipun sudah paling umum digunakan, tetapi saya sempat ketemu model yang blade yang tidak biasa. Contohnya pada Mustang, Ada fuse yang menggunakan 3 kaki sekring.

Pernah juga model micro tetapi kaki pendek sekali (saya lupa mobilnya). Untung ada serepnya.

Fuse tipe catridge

Model ini sudah jarang ditemui di mobil-mobil baru. Kecuali ketika mau modif rangkaian sendiri.

Bentuknya silinder dan di tengahnya merupakan tabung kaca sehingga terlihat dari luar apakah sekring putus atau tidak. Untuk melihat angkanya tidak mudah jika sudah terpasang karena posisinya dijepit oleh rumah sekring.

Arti warna fuse/sekring

Saat ini kebanyakan mobil sudah menggunakan sekring tipe blade yang berwarna-warni.

Apa arti warna sekringnya?

berikut ini saya sediakan tabelnya.

Kapasitas sekring (A)Identifikasi Warna
5Coklat kekuning-kuningan
7,5Coklat
10Merah
15Biru
20Kuning
25Tidak berwarna
30Hijau

Fuse tipe link (fusible link)

Bentuknya kotak tetapi lebih besar. Fungsi dari fusible link ini sama dengan fuse, hanya saja digunakan untuk arus yang lebih besar.

Jenis fusible link yang banyak ditemui adalah jenis catridge dibandingkan dengan tipe link. Untuk kemudahan identifikasi tipe catrige juga memiliki kode warna

Berikut ini adalah tabel identifikasi fusible link

Kapasitas
Fusible Link (A)
Persamaan Luas
Penampang
Identifikasi Warna
300,3Merah muda
400,5Hijau
500,85Merah
601,0Kuning
801,25Hitam
1002,0Biru

Penyebab fuse/sekring putus

Sebenarnya sesuai fungsi sekring, yaitu sebagai pengaman dan putus untuk melindungi komponen. Penyebabnya bisa karena kelebihan arus yang melaluinya.

Misalnya ada kabel yang terkelupas karene digigit tikus dan korslet ke bodi mobil.

atau contoh lainnya.

Itu kenapa, jika ada masalah kelitrikan mobil, komponen yang pertama-tama diperiksa adalah fuse/sekring.

Cara periksanya gampang, cabut, angkat dan terawang.

Jangan asal cabut,

Tetapi pilih yang sesuai dengan keterangan pada box sekring atau buku pedoman pemilik. Jika putus silahkan ganti dengan sekring cadangan.

Ingat,

Segera isi cadangannya kembali, sehingga dalam kondisi darurat dan perlu tetap tersedia sekring cadangan.

Bagaimana jika putus lagi?

Artinya ada yang korslet dan penyebabnya harus dicari dulu sampai ketemu. Jangan ganti dengan yang lebih besar bahkan sampai diganti lilitan kawat kabel

BERBAHAYA!

Efek paling buruk adalah kebakaran.

Ya memang, proses pencarian masalah kelistrikan terkadang makan waktu dan perlu teknisi yang terampil menganalisa kelitrikan mobil.

Bisa semenit, sejam bahkan berjam-jam.

Cara memeriksa fuse yang benar

Apakah cabut dan terawang adalah cara yang salah?

Tidak

Tetapi kurang presisi.

Karena terkadang kita ketemu sekring yang buram, putus tipis serambut atau putus ketika diberi beban kelistrikan.

Dan ini bukan omong kosong.

Karena kami mengalaminya. Luar biasa tenaga dan pikiran yang digunakan untuk menemukanya.

Bagaimana caranya?

1. Gunakan Ohmmeter cabut dan ukur tahanannya.

Saya pernah dapat pengalaman,

Ketika fuse dicabut dan diterawang terlihat bagus dan nyambung. Tetapi ternyata fuse tersebut putus pada bagian kaki sehingga tidak terlihat. Ini ketahuan setelah diukur dengan ohm meter.

Cara ini mirip dengan yang tadi, cabut dan terawang.

Hanya saja dilanjutkan dengan pengukuran menggunakan ohm meter untuk memastikan apakah fuse putus atau tidak. Terutama untuk model fusibelink.

Proses ini wajib untuk model sekring besar yang tidak transparant.

Pertama, setel avometer pada skala ohm meter dan kalau bisa bunyikan suaranya (jika ada).

Selanjutnya tempelkan kutup avo ke masing-masing kaki fuse/sekring. Tidak masalah jika merah dan hitam pada posisi terbalik.

Sebaiknya tunggu sampai nol supaya lebih yakin lagi.

2. Gunakan Voltmeter untuk mengecek fungsi fuse

Ini yang nyebelin

Maksudnya jika dapat kasus-kasus seperti ini.

Sudah dicek sekringnya menggunakan metode diatas tetapi ternyata listriknya tidak sampai. Kalau istilah kerennya adalah voltage drop. Biasanya ditemui pada fuse murahan atau pada fuse yang putus serambut.

Prosesnya,

Set avometer pada skala volt 20 atau 50, kemudian kalibrasi terlebih dahulu. Pasang kabel hitam avometer ke bodi atau negatif baterai sedangkan untuk warna merah pada fuse yang diinginkan.

Sebagian sekring perlu diukur pada posisi kunci kontak ON atau switch dinyalakan.

Baca tegangan yang ditunjukkan. Seharusnya sesuai tegangan baterai.

Ga percaya?

Saya mengalami kasusnya pada BMW seri 7 dan Lexus LS460 dan beberapa mobil lain.

Catatan Cars Guru Septa.id

Meskipun murah fungsi fuse atau sekring sangatlah vital untuk rangkaian kelistrikan mobil. Dan kadang untuk sekedar pemeriksaan sekring saja perlu pengetahuan yang baik.

Ketrampilan yang diperlukan untuk mengecek fungsi fuse atau sekring adalah

  • Cara menggunakan multimeter atau avometer
  • Kemampuan membaca literatur baik itu buku manual ataupun owner manual

Salam kunci

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Sering berkunjung ya kawan !!
Scroll to Top