Kemarin kami kedatangan VW Golf MK6 tahun 2010 dengan keluhan lampu ABS menyala.
Ditengah penuhnya mobil yang diperbaiki, dan penatnya mengerjakan Honda yang tidak kunjung hidup. Saya mengajak satu personel saya untuk mengerjakan VW Golf MK6.
Apa itu ABS dan ESP?
Sebenarnya mobil sekarang sudah sangat umum jika sistem remnya dilengkapi dengan ABS. Apalagi mobil Eropa.
ABS adalah singkatan dari Anti-lock Braking System sedangkan ESP adalah Electronic Stability Program. Kedua sistem tersebut ada dalam satu unit, karena ESP adalah fitur dari ABS.
Fungsi dari ABS adalah untuk mencegah rem mengunci pada saat mobil di rem mendadak. Sedangkan ESP mengatur pengereman saat kita hendak menghidari benda didepan mobil kita ketika berjalan.
Semuanya itu diatur secara elektronik, sehingga diagnosa juga harus dilakukan dengan peralatan yang profesional. Dan tentunya harus memilih bengkel yang tepat.
Langkah perbaikan lampu ABS menyala
Kalau dilihat dari keluhan, sepertinya bisa diatasi lebih cepat jika dibandingkan dengan problem mobil yang lain. Saya minta team untuk cek terlebih dahulu DTC yang ada, supaya lebih yakin.
Scanner mobil yang digunakan adalah X431 Pro. Kenapa menggunakan scan tools ini? Alasannya untuk memastikan apakah kemampuan Scan Tools baru kami ini
Dan benar,
Problem yang ada disebabkan karena sensor ABS bermasalah dengan DTC 00285 Right Front ABS Wheel Speed Sensor. Dan ketika di baca datanya, terlihat sensor masih bekerja. Tetapi bisa jadi kerena sedang dalam keadaan normal.
Yang sedikit dikawatirkan adalah adanya DTC lain yang muncul yaitu DTC 00668 Voltage Terminal 30 tentang supply ABS yang kurang.
Kenapa mengkawatirkan?
Karena DTC ini memiliki beberapa kemungkinan. Yang paling mudah adalah fuse, berikutnya adalah relay. Tetapi yang cukup sulit jika ternyata ABS modulnya rusak. Karena memang sempat mengalami di mobil Golf lain DTC ini ternyata dari ABS modulnya yang rusak.
Setelah proses estimasi di setujui, proses selanjutnya adalah mengganti sensor ABS yang ada di sebelah roda kanan. Prosesnya gampang-gampang sulit. Tentunya memerlukan dongkrak dan juga beberapa hand tools.
Setelah proses penggantian tidak lupa dilakukan proses penghapusan DTC dengan scan tools.
Bukannya hapus DTC bisa dengan cabut aki ya?
Tidak semua mobil bisa diperlakukan sama (meskipun semua cowok sama saja. hehe….). Pada mobil modern, mencabut aki untuk menghapus DTC justru terkadang membuat masalah di sistem lain.
Jika Anda mengalami lampu ABS menyala pada VW Golf MK6 di area Jakarta, Solo, Semarang dan Surabaya, Anda bisa hubungi bengkel Auto Service disini