Ini Penyebab Mobil Tidak Bisa Distarter dari Pengalaman Bengkel

penyebab mobil tidak bisa distarter

Kejadian mobil tidak bisa distarter mungkin pernah dialami oleh kawan-kawan pecinta mobil. Dan pastinya kejadian ini sangat tidak menyenangkan karena batal mengendarai mobil.

Lantas apa penyebabnya dan cara mengatasinya?

Sebentar…

Menurut pengalaman saya, harus dibedakan antara “mesin tidak bisa distarter” dengan “mobil tidak bisa hidup saat distarter”

Kenapa?

Karena penyebabnya bisa berbeda. Dan tentu saja dengan penyebab yang berbeda, cara mengatasinya juga berbeda. Disini saya akan membahas keduanya, supaya kawan-kawan bisa membedakan dengan jelas penyebabnya.

Mobil tidak bisa distarter.

Paling tidak ada 6 kemungkinan penyebab mobil tidak bisa starter.

1. Aki Soak

Penyebab yang pertama adalah aki atau baterai yang soak. Untuk memastikannya dengan gampang, kawan-kawan bisa pencet klakson atau menyalakan lampu. Jika lampu redup dan suara klakson pelan. Itu tanda-tanda aki soak.

Apa harus langsung ganti?

Bisa di cas dulu, atau di jumper dulu sampai mobil hidup. Jika berhasil hidup, jangan dimatikan ya. Biarkan pengisian aki berlangsung sampai aki penuh kembali.

Tetapi sebaiknya sambil melihat panel instrumen apakah lampu gambar aki menyala atau mati ketika kita menghidupkan mesin. Jika menyala terus, artinya tidak ada pengisian. Dan ini penyebab aki kosong atau soak.

Bagaimana jika setelah dipanaskan aki tetap soak?

Silahkan ganti aki. Karena artinya aki mobil kawan-kawan sudah soak. Setelah ganti aki jangan lupa untuk reset jam, reset power window dan beberapa sistem lainnya.

2. Sekring starter atau rangkaian kabel putus

Fungsi sekring adalah pengaman bagi rangkaian kelistrikan seperti halnya starter. Penyebab putusnya sekring bisa jadi karena ada hubungan pendek dan hal ini jarang terjadi kecuali ada kabel yang terkelupas.

Siapa yang mengelupas kabel?

Silahkan kawan-kawan komentar jika tahu yang saya maksud.

3. Relay starter rusak

Penyebab berikutnya adalah relay starter yang rusak. Fungsi relay adalah sebagai kontak elektronik untuk mengontrol arus besar dengan arus yang kecil.

Letak relay starter umumnya ada didalam fusebox. Mungkin di fusebox depan atau mungkin di dalam kabin. Ini tergantung dari tipe mobil yang kawan-kawan miliki.

4. Motor starter rusak

Kemungkinan lainnya adalah motor starter yang rusak atau bahasa bengkelnya adalah dinamo starter.

Kerusakan dinamo starter bisa terjadi karena lilitannya sudah terbakar, atau hanya karena sikit motornya (brush) habis. Hal ini tentunya harus diperiksa lebih dulu.

5. Alarm rusak

Pada beberapa tipe mobil dilengkapi dengan alarm tambahan. Umumnya tipe alarm model lama akan mematikan sistem starter. Jadi ketika mobil distarter akan kosong karena sinyal starter diputus oleh alarm.

Berbeda dengan mobil yang dilengkapi immobilizer. Umumnya kejadiannya bisa starter tetapi mobil tidak hidup. Hal ini akan saya bahas dibawah.

6. Mesin macet atau berat.

Kasus ini jarang terjadi, tetapi baru saja kami alami.

Mobil ditowing ke bengkel dan memang kondisi akinya sudah soak. Ketika kami jumper, ternyata hanya terdengar cetek-cetek dan kadang-kadang ngek-ngek. Ketika kami gunakan aki bagus pun juga tidak mau.

Ternyata setelah diperiksa, mesin macet dan sangat berat untuk diputar. Itu sebabnya ada kesan dinamo starter tidak bekerja.

Bagaimana cara mengatasinya?

Terpaksa harus turun mesin atau overhaul. Karena mesin terlanjur macet dan harus dilakukan penggantian komponen-komponen mesinnya.

Penyebab mobil tidak bisa hidup saat distarter

Permasalahan berikutnya adalah mobil sudah bisa distarter tetapi tidak hidup. Secara prinsip, mesin bensin bisa hidup dengan baik karena tiga hal yaitu campuran bahan bakar dan udara, kompresi dan pengapian. Sedangkan pada mesin diesel tidak perlu pengapian.

Dari prinsip diatas dapat dijabarkan kemungkinan penyebab mesin tidak hidup adalah

1. Pompa bensin tidak bekerja

Fuel pump atau pompa bensin berfungsi untuk menyuplai bensin menuju mesin. Jika pompa bensin mati tentunya tidak akan ada bensin yang dapat dicampurkan dengan udara untuk memenuhi kebutuhan mesin. Itu sebabnya mesin tidak dapat hidup meskipun bisa starter.

Problem berikutnya biasanya aki menjadi soak karena kawan-kawan coba starter berkali-kali.

Jangan langsung ganti pompanya! Karena bisa jadi yang bermasalah adalah relay pompa atau mungkin sekring pompa bensin. Sebaiknya periksa terlebih dahulu sebelum menggantinya.

2. Bensin habis karena pelampung rusak

Kejadian bensin habis memang terlihat lucu tetapi beberapa kali saya temui dibengkel. Bahkan saya sendiri pernah mengalaminya ketika mengetes mobil Mazda bersama bos saya (dulu belum bisa nyetir)

Penyebabnya karena pelampung ngaco, bensin sudah habis tetapi terlihat masih banyak pada indikator.

3. Immobilizer atau anti maling

Jika mobil kawan-kawan ada gambar kunci ketika kunci kontak on, itu artinya mobilmu sudah dilengkapi immobilizer untuk anti maling. Walaupun tidak semua mobil dilengkapi dengan lampu indikator ini.

Untuk mobil yang dilengkapi dengan lampu indikator ini, silahkan kawan-kawan lihat apakah indikatornya berkedip-kedip. Jika iya, ada kemungkinan sistem immo sedang mencari sinyal dari kunci.

Bagaimana cara mengatasinya?

Ada baiknya hubungi bengkel yang mempunyai peralatan yang bisa menembus immobilizer. Kalau tidak, tentunya kawan-kawan harus ke bengkel

4. Kunci rahasia rusak

Terkadang masih ada ditemui mobil dilengkapi dengan kunci rahasia, hal ini terkadang malah menjadi bumerang ketika bermasalah. Mobil kawan-kawan jadi sulit untuk dinyalakan.

Saya pernah sekali mengerjakan mobil seperti ini. Dan cukup menyulitkan karena harus mengurut rangkaian satu persatu.

6. Koil mati

Pada mobil yang masih dilengkapi dengan distributor, koil pengapian yang rusak tentu saja bisa membuat mobil tidak hidup. Kalau untuk model pengapian satu koil satu busi, tentunya mobil tetap akan hidup, hanya saja mesin akan pincang.

Pada beberapa kasus, terkadang koil hanya mati ketika mesin panas saja, dan selanjutnya jika didinginkan akan hidup kembali. Ada baiknya segera lakukan penggantian koil pengapaian.

7. Bahan bakar banjir

Hal ini cukup sering terjadi pada mobil karburator. Penyebabnya karena setelan pelampung yang salah.

Apa hal ini bisa terjadi pada mobil injeksi?

Mungkin saja! Hal ini bisa terjadi jika injektor tidak bisa menutup dengan sempurna. Akibatnya bensin akan terus mengalir ke dalam intake manifold.

8. Kompresi ngempos

Mesin bisa hidup dengan baik karena ada kompresi yang baik. Tekanan kompresi dibentuk oleh piston, blok silinder dan kepala silinder. Jika ada keausan atau kerusakan tentunya bisa menyebabkan kompresi rendah atau ngempos. Hal ini tentunya membuat mesin tidak hidup

Cara mengatasinya adalah dengan turun mesin dan ganti komponen yang aus atau rusak.

9. Sensor putaran mesin bermasalah

Ini adalah komponen yang paling sering disalahkan pada sistem injeksi. Tidak jarang komponen ini diganti duluan tanpa pemeriksaan dengan scanner mobil.

Pada mobil terdapat dua sensor putaran mesin yaitu CKP sensor dan CMP sensor. CKP sensor adalah Crakshaft Position Sensor yang akan membaca putaran crankshaft atau poros engkol. Sedangkan CMP sensor adalah Camshaft Position Sensor yang akan membaca putaran poros nok

10. ECU rusak

Kemungkinan terakhir adalah ECU atau Engine Control Unit. Sistem injeksi bahan bakar dan pengapian pada mobil dikontrol oleh ECU ini. Jika ECU rusak tentunya bisa menyebabkan mesin tidak bisa distarter.

Untuk cara mengatasinya adalah dengan cara diservis atau ganti baru.

Akhir kata

Sebenarnya jika ingin dibahas lengkap akan lebih banyak penyebab mobil tidak bisa starer. Hanya saja hal-hal tersebut diatasa adalah yang paling umum dijumpai.

Pada kasus ini memang sengaja dibedakan antara kasus mesin tidak bisa starter dan mesin bisa starter tetapi tidak hidup. Karena jelas berdasarkan pengalaman penyebabnya berbeda.

Jika anda butuh bantuan pada mobil silahkan hubungi autoservice

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Sering berkunjung ya kawan !!
Scroll to Top