Perbaikan Kijang Innova bensin yang kami bongkar ini datang dengan keluhan mesin. Dari hasil dialog dengan pemilik ternyata sempat overheat.
Setelah dilakukan pemeriksaan, terlihat tanda-tanda jika oli bercampur dengan air sehingga warnanya menjadi seperti kopi susu. Dari sini, kami minta persetujuan pemilik untuk melakukan top overhaul.
Top overhaul ini hanya turun setengah saja. Jadi nantinya kepala silinder dibongkar untuk di periksa apakah head melengkung atau tidak. Sekaligus akan dilakukan pemeriksaan blok silinder dan jika diperlukan harus turun mesin.
Kenapa ga sekalian turun mesin?
Tentunya ada pertimbangan teknis dan juga biaya
Memang paling bagus sekalian turun mesin dan sekalian melalukan beberapa penggantian supaya mesin menjadi lebih segar dan seperti baru kembali.
Apa itu Overheating?
Supaya bisa belajar dari pengalaman orang lain, kita harus tahu apa itu overheating, ciri-cirinya dan juga tips jika mengalami overheating.
Overheating adalah kondisi di mana suhu kerja mesin melebihi ketentuan. Umumnya suhu kerja mesin adalah 80-98 derajat (tergantung spesifikasi pabrikan)
Untuk ciri-ciri mobil sedang overheating tentu saja dilihat dari jarum temperatur atau indikator lampu coolant menjadi merah. Terkadang, gejala overheating akan diikuti dengan kondisi mesin ngelitik, AC menjadi panas karena kompresor dimatikan dan mesin kurang tenaga.
Jika mobil yang kita kendaraai mengalami hal ini, sebaiknya pelan-pelan minggir. Kemudian tunggu temperatur turun dan cek apakah air radiator berkurang atau tidak. Jika kurang tambahkan dan segera bawa kebengkel
Pada kondisi bocor yang sangat parah, terpaksa mobil harus diderek.
Apa Perbedaan Top Overhaul dan Overhaul?
Di instagram saya montirpedia, sempat ada yang komentar : “kenapa ga dibongkar blok mesinnya?”
Saya jawab “karena hanya top overhaul atau turun setengah pak”
Karena memang ketika diperiksa hanya kepala silinder yang melengkung, kemudian silinder juga tidak kelihatan baret dan aus. Artinya dalam kondisi ini masih bisa dipertimbangkan hanya top overhaul saja.
Lantas apa perbedaan Top Overhaul dan Overhaul?
Cakupan pekerjaan untuk Top Overhaul adalah pembongkaran dan pemeriksaan komponen kepala silinder. Biasanya yang di lakukan adalah penggantian paking top set, sekir katup, papas kepala silinder (jika masih diperbolehkan)
Sedangkan untuk overhaul, pembongkaran dan permeriksaan ditambah pada komponen-komponen blok silinder. Termasuk keausan pison, ring piston dan juga poros engkol dan bantalan-bantalannya
Soal biaya dan waktu overhaul tentunya juga lebih besar dibandingkan dengan top overhaul.
Perbaikan Kijang Innova Bensin Ketika Oli Campur Air
Perbaikan apa saja yang perlu dilakukan pada mobil yang oli-nya bercampur dengan air ?
Semua tergantung dengan konstruksi mesin dari pabrikan. Kebetulan di Innova ini tidak menggunakan oil cooler, jadi kecurigaan pada kepala silinder yang melengkung atau dari paking kepala silinder-nya yang keropos.
Pada kasus ini ternyata kepala silinder sudah melengkung dan kita putuskan untuk papas kepala silinder. Selanjutnya dilakukan penggantian seal-seal dan paking serta membersihkan saluran-saluran blok silinder.
Berapa biayanya?
Tentunya untuk kisaran biaya musti di tanyakan kepada bengkel masing-masing langganan bapak-bapak. Saya mungkin hanya bisa sebatas memberikan list yang harus diganti
Kesimpulan :
Perbaikan karena overheating memang membutuhkan biaya yang cukup besar. Sebaiknya lakukan perawatan rutin sistem pendingin dengan mengganti coolant sesuai jadwal, dan juga pahami tips ketika mengalami overheating pada mobil