BMW X1 E84 ini SUV paling imut dari BMW. Unit yang sedang kami kerjakan adalah X1 E84 tahun 2013. Terlihat masih segar dan imut dengan warna emasnnya.
BMW X1 E84 ini merupakan adik dari X3 dan X5 yang lebih besar. Mobil ini diproduksi BMW untuk bersaing dengan Mercy GLA, VW Tiguan dan Audi Q3.
Untuk E84 sendiri diproduksi tahun 2009-2015. Mobil ini menawarkan mesin diesel dan juga mesin bensin. Dan untuk sementara dalam catatan saya untuk mesin diesel adalah tipe X1 sDrive20d dan untuk bensin adalah sDrive18i.
Untuk di Indonesia, mobil ini masuk tahun 2010 lewat jalur import utuh atau CBU. Jadi buat kamu yang lebih suka CBU, cari X1 sekitar tahun ini ya.
Sekitar bulan Oktober 2011 BMW merakit mobil ini di Indonesia alias CKD. Selanjutnya di tahun 2013 BMW melakukan facelift pada tipe ini
Review BMX X1 E84
Buat saya, mobil ini memiliki daya tarik yang khas untuk anak muda. Memiliki desain yang maskulin dengan tampilan yang sporty. Selain itu interiornya juga memberikan kenyamanan yang khas untuk mobil Eropa. Dan tentunya mobil ini stabil ketika dikendarai.
Eksterior
Secara keseluruhan, mobil ini terlihat elegan dan dinamis. Dengan gril depan yang ikonik, dipadu dengan lampu depan yang tajam. Serta dimensi mobilnya yang sangat kompak sehingga sangat nyaman digunakan diperkotaan.
Karena mobil juga tidak terlalu besar, semoga saja lebih mudah diajak manuver di dalam lalu lintas perkotaan yang padat.
Perbedaan eksterior dengan unit facelift adalah; lampu depan yang didesain ulang, lamput kota, bumper depan dan juga spion yang ditambahkan dengan indikator.
Interior
Pada sisi interior, mobil ini memiliki tinggi duduk yang memadai sehingga pengemudi mampu melihat area yang lebih luas ketika berkendara.
BMW X1 E84 juga dilengkapi dengan berbagai fitur keamanan seperti airbag pada beberapa titik.
Perbedaan interior setelah facelift adalah perubahan desain konsul tengah, trim interior dan juga roda kemudi.
Mesin
Mesin yang digunakan adalah N46B20 untuk mesin bensin sedangkan untuk mesin diesel adalah N47D20
Pada mesin bensin N46B20,
Kapasitas mesinnya adalah 2.000 cc dengan konfigurasi mesin inline 4 silinder. Mesin ini mampu mengeluarkan tenaga hingga 148hp pada 5.000-6.250 rpm. Torsi yang dihasilkan adalah 200 N.m pada 1.250 rpm – 4.500 rpm
Selanjutnya adalah untuk mesin diesel N47D20.
Kapasitas mesin ini adalah 2.000 cc dengan konfigurasi mesin inline 4 silinder. Mesin ini mampu mengeluarkan tenaga hingga 181 hp pada 4000 rpm. Torsi yang dihasilkan adalah 380 N.m pada 1.750 rpm – 2.750 rpm
Spesifikasi BMW X1 E84
Saya menggunakan referensi mobil yang ada dihadapan saya saat ini yaitu BMW X1 sDrive 18i E84 tahun 2013. Berikut adalah spesifikasinya
Kapasitas Mesin | 1995 cc |
Daya Mesin | 148 hp |
Torsi Mesin | 200 Nm |
Tipe bahan bakar | RON 91 Pertamax |
Panjang Kendaraan | 4.454 mm |
Tinggi Kendaraan | 1.545 mm |
Lebar Kendaraan | 1.798mm |
Berat Kosong | 1.530 kg |
Harga BMW X1 E84
Untuk harga, saya mengambil referensi dari mobil123.com. Harga BMW X1 E84 ini dimulai dari 178 Juta – 275 Juta. Tentunya hal ini tergantung tahun dan juga kondisinya.
Terpantau untuk harga terendahnya adalah BMW X1 2.0 sDrive 18i Tahun 2012. Jarak tempuh mobil tersebut sekitar 70.000km. Sedangkan untuk harga yang paling mahal saya lihat adalah tahun 2013 xLine.
Bagaimana, apakah berminat?
Jika ingin mencari SUV mewah tetapi gampang diajak manuver, saya rasa BMW X1 E84 ini bisa dipertimbangkan.
Bengkel Rekomendasi untuk BMW
Setelah membeli BMW X1 E84, tentunya mobil ini harus dirawat secara rutin agar selalu prima. Sebetulnya paling bagus memang dirawat ke dealer resmi. Karena part dan peralatannya lengkap.
Walaupun sebenarnya sekarang sudah banyak bengkel umum untuk merawat mobil-mobil BMW yang peralatannya juga lengkap, dan juga harga partnya lebih terjangkau.
Salah satunya bengkel Auto Service Jakarta yang ada di Cempaka Putih, Jakarta Pusat. Bengkel ini sudah berdiri sejak 1978 dan menangani mobil-mobil CBU.